Pages

Tuesday, May 28, 2013

Senior Year: How It Ends

Awal-awal Semester 1
Pagi-pagi udah di invite grup, namanya 12 IPA 1. Ternyata gue bakal disana selama setahun kurang. Gue agak pesimis pas liat siapa aja anak-anak disini, pinter-pinter semua. H-beberapa hari sebelum hari pertama menjadi anak kelas 3, gue udah panik nyari temen sebangku, tapi akhirnya gue duduk sama Cocon. Ya, Cocon, yang namanya belakangan ini sering muncul di blog gue.

Pertengahan Semester 1

Gue harus mempersiapkan diri gue untuk UN, begitu juga SBMPTN. Awalnya gue optimis undangan, tapi ngeliat anak kelas gue pada begini semua akhirnya keoptimisan gue mulai luntur. Gue mulai panik. Gue gatau mana yang harus gue dahulukan; mempertahankan nilai untuk undangan, nyiapin UN, apa SBMPTN? Mempersiapkan semuanya kayaknya pilihan yang sulit, dan gue harus menentukan mana yang jadi prioritas gue.

Akhir Semester 1, Liburan Semester, dan Awal Semester 2
Nilai rapot dibagiin. Gue nangis karna nilai gue anjlok. Akhirnya undangan gue coret dari daftar prioritas gue.  Gue mulai meniti masa depan (yaman) mulai dari belajar biologi. Ya, UN biologi jadi momok yang paling menakutkan bagi gue. Gue ngerangkum dari kelas 1 dengan tulisan berwarna di binder gue. Catetan gue indah banget :') catetan biologi gue dibuat dengan penuh cinta dan air mata.

Awal semester 2 gue kembali ke sekolah, mencoba menjalani lembaran baru dalam hidup gue (kayak nikah). Gue udah menentukan prioritas gue, ya, UN. Gue akan fokus UN. UN selese, gue akan fokus SBMPTN. Gue akhirnya kembali ke jalan yang benar, setelah terluntang lantung di kasur, gatau harus belajar buat apa, setiap belajar pengen nangis karena takut ga keterima PTN :')

Pertengahan Semester 2
Mulai banyak ujian dan try out. Kali ini nangis bukan karna takut, walaupun masih takut. Sebenernya bukan nangis, tapi air mata keluar karna ngantuk. Ujian praktek segala macem, mulai daftar Undangan. Intinya ini masa-masa paling capek, tapi ya dijalanin aja. Gue salut sama temen-temen sekolah gue, walaupun kantong mata gede, capek, tetep aja semangat dan gaada yang ngeluh sama UN 20 paket. Lagipula ngeluh gaada gunanya, gabakal dibatalin gitu aja kan.

Ujian Nasional

Ujian Nasional, 15-18 April 2013. Ujian Nasional pertama yang pake 20 paket. Dateng ke sekolah, salim sama bokap nyokap minta restu. Sebelum masuk ke ruang ujian, Bu Hasnati, kepala sekolah gue, mimpin doa dari tengah lapangan, sementara anak didiknya ini berdiri di balkon depan ruang ujian. Sebelum masuk juga, 12 ipa 1 ngumpul di depan ruangan, berdoa bareng-bareng, diaminin bareng-bareng. Ngeliat muka anak-anaknya begini, gue yakin temen-temen gue di kelas ini gaada yang pake kunci jawaban. Gue ngeliat muka yang capek, yang pengen semuanya cepet-cepet berakhir, masuk PTN yang diinginkan. Selese UN, lega. Tapi masih harus berjuang untuk SBMPTN.

Intensif - di Bimbel masing-masing lah ya

Ya ini intensif. Gaperlu diceritain macam apa intensif itu. Intinya sih kaya sekolah tapi datengnya ke bimbel. Jangan remehin intensif bro, kalo kata anak gaul hoping for the best, prepare for the worst.

Pengumuman UN dan STIS

Pengumuman UN jadi momen yang mendebarkan. Takut juga lah ya. Tapi gue tidur dengan tenang, sementara di timeline twitter gue pada ngetwit gabisa tidur mikirin nilai UN. Gue malah mimpiin Logan Lerman nyamperin gue ngasih tau nilai UN gue. Pagi-pagi pas lagi nungguin nilai, ngeliat akun SMA 81 yang ngetweet kalo SMA gue dapet peringkat 2 provinsi untuk IPA dan peringkat 1 provinsi untuk IPS :')

Intinya seneng sih karena gunanya kita ngerjain UN kan untuk sekolah juga, ga dibawa ke PTN kan nilai UN. Ngerasa berhasil, walaupun IPA-nya ngga peringkat 1 propinsi, kalah sama 8 :')

Ya, gue ikut tes STIS (ini kalo disebut cepet jadi kedengeran gaenak btw), di GBK. Pas ngerjain soalnya juga capek karna gaada meja. Soalnya dikerjain di pangkuan :') rasanya gue pengen selonjoran di bangku tribun. Capek ngerjain soal, akhirnya gue menatap ke lapangan hijau yang terhampar di hadapan gue. Ya, gue membayangkan Frank Lampard dan yang lainnya bermain di lapangan itu tanggal 25 Juli nanti. Dan gue mulai mengambil ancang-ancang posisi yang bagus buat nonton.

Gue buka web STIS, ga berharap gue lolos tahap 1 setelah apa yang gue lakukan selama ujian; berhayal. Gue buka web-nya dan nyari nomor ujian gue, ga keterima. Ya, gue sih udah yakin. Terus, gue ga close tab-nya, dan gue ngecek kartu STIS gue, yang ternyata, nomor ujian yang selama ini gue yakini itu ternyata salah. Gue lolos tahap 1. Gue bingung.

Upacara Pelepasan
Upacara Pelepasan, di lapangan, sama Bu Hasnati. Keren, pelepasannya dilambangan sama sepasang burung merpati. Pas Bu Hasnati bilang "Maka terbanglah kalian tinggi ke langit" burungnya sih terbang, tapi ga ke langit, melainkan ke genteng :') burungnya pacaran :')

Pengumuman SNMPTN
Ini momen paling ekstrem, paling mendebarkan, lebih mendebarkan daripada pengumuman UN. Kebetulan harinya sama kayak Gladi Resik Wisuda. Gladi Resik gak tenang. Bawaannya pengen wirit. Pulangnya, di bus, gue ga berhenti wirit, asmaul husna, shalawatan. Nyampe rumah langsung mandi dan sholat Ashar. Nyetel alarm jam 4 sore, karna pengumumannya jam segitu. Sambil nenangin hati, gue baca Al-Quran. Gue baca sampe ada 2 surat. Alarm udah bunyi, tapi gue terus baca. Ya, gue takut dan degdegan. Sama sekali ngga penasaran sama hasilnya karna udah pesimis dan pasrah, tapi masih berharap. Sekali-kali ngecek twitter, udah banyak yang bahagia, udah banyak yang sedih. Gak kuat, akhirnya gue log out twitter. Ngecek recent updates isinya Alhamdulillah semua, gak kuat, akhirnya recent updates nya gue ilangin.

Akhirnya gue selesain baca Al-Quran, dan gue bbm dhiah, nanyain dia udah ngecek pengumuman apa belom. Dia dapet sipil UNDIP. Gue jadi penasaran sama hasil gue. Akhirnya gue buka laptop, sambil bismillah. Tiap loading, gue bismillah. Bunyi suara, gue bismillah. Buka web, masukin nomor dan tanggal lahir, dan

Pengumuman SNMPTN Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Hal yang pertama kali gue lakukan adalah gue nangis. Gue nangis karna ini bener-bener berakhir, resmi berpisah sama temen-temen SMA. Terus gue inget waktu bulan puasa, waktu buka puasa bareng di pinggir jalan sama Dhiah, kita pernah bilang ntar puasa tahun depan buka puasa bareng di Simpang Lima. Tapi bulan puasa ini gue bakal ada di Depok :'''

Abis itu gue kabarin nyokap bokap dan gue ngucapin Alhamdulillah berkali-kali. Gue ganyangka, karna gue udah bener-bener pasrah sama peringkat angkatan. Allah memang baik. Mungkin ini jalan terbaik untuk gue, karna kalo ikut SBMPTN gue mungkin bakal menyerah sebelum perang :')

Intinya sih, jangan pernah ngeluh. Jalanin aja semuanya dengan bahagia. Sekali-kali keluar air mata boleh kok :') Jangan lupa belajar dan mendekatkan diri sama Tuhan lo. Doa jangan putus. Memang capek belajar melulu, tiap hari ketemunya kertas. Tapi semua pasti bakal indah pada waktunya. Yeah, semua akhir itu pasti membahagiakan, kan? Kalo ngga bahagia, berarti hidup lo belom berakhir.

5 comments:

  1. Keliatannya nakutin ya jadi anak sma, tapi keliatan bahagia gitu pas lulus .-.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak serem kok :') serem itu pelajarannya doang, tapi kalo dijalani bersama dengan teman-teman (yaman) seru kok. Ngangenin banget, dan bahkan gue belom bener-bener meninggalkan SMA :''

      Delete
  2. Hai april, bakal kangen april, bakal kangen banget banget banget sama april, terimakasih udah ditemenin selama setahun, nggak akan lupa sama april :')

    Cocon masih harus berperang, ini lagi ngasah pedang di inten, doain menang ya sama prajurit lainnya :')))


    Mana, katanya mau nonton chelsea bareng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah cocon :'( gue sedih nih, jadi nangis lagi....

      maaf ya selama setahun nggak jadi temen sebangku yang baik, yang mood-mood-an. Lo satu-satunya temen sebangku gue yang juga ngerti bola. walaupun gue agak karbitan karna suka bola karna pemainnya gans wakakak.

      Pokoknya sukses SBMPTN bersama Laskar Tertulis Pensador yang lain. Nanti di Zona Kampus tahun depan gue tungguin lo pake jas warna cream ya. eh unibraw cream kan ya.... -_-

      Harga tiket belom dirilis :( firasat gue mereka gajadi main disini :(

      Delete
    2. warnanya biru donker, warna kesukaan gw tuh wkwk.
      duh baik kok pril, baik untuk "membicarakan sesuatu" (baca:gosip)

      huahahah doain terus ya :'))

      p.s : mereka masih survey tiket itu, arsenal murah tapi liverpool mahal, semoga aja lebih murah dari arsenal aamiin

      Delete