Sunday, August 15, 2010

12 Olympians (Part 2)


Athena (Goddess of Wisdom)

Ini dia salah satu Dewi perawan (Parthenos) di Mitologi, Athena, Dewi Kebijaksanaan, Strategi, dan Perang. saking bijaksananya, dia gamau perang kalo perang itu tanpa tujuan, dan lebih baik menyelesaikannya dengan kebijaksanaan.

jadi ceritanya, dulu ada ramalan kalo Zeus dan Metis (dewi kepandaian) menikah dan punya anak, anak mereka akan menjadi sangat kuat, bahkan lebih kuat dari Zeus sendiri. namun akhirnya Metis hamil, dan Zeus pun menelan Metis bulat-bulat untuk mencegah kelahiran anaknya. gak lama kemudian, Zeus sakit kepala hebat, dan menyuruh Hermes (Y) membelah kepalanya dengan kapak perunggu buatan Hephaestus. dan keluarlah Athena dari kepala Zeus, lengkap dengan baju perang, helm, dan perisai. tapi Athena itu lahir sebagai wanita dewasa, bukan anak kecil.

Athena sering juga disebut sebagai pelindung pahlawan, karena usahanya dalam membantu Hercules, Perseus, dll. oh iya, doi ini memang perawan, tapi dia juga pernah nyaris diperkosa sama Hephaestus (God of Fire). jadi ceritanya, Hephaestus itu mau memperkosa Athena, tapi Athena nya kabur. Karena Hephaestus udah ngga tahan, akhirnya dia menghamili Gaia (Bumi), dan bumi pun hamil.

Athena itu rivalnya Poseidon (Lord of the Sea). mereka musuhan gara-gara mereka saling memperebutkan kota Athena, yang akhirnya memilih Athena sbg pelindung mereka. tapi mereka juga pernah bekerja sama dalam membuat kereta kuda. Poseidon kan nyumbang kuda-nya, kalo Athena nyumbang keretanya. FYI, Athena jago menenun loh. dan dia punya kuil terkenal di Akropolis, Yunani bernama Parthenon (juga ada replikanya di Nashville, Tennesse, US)

oh iya, asal lo tau di perisainya itu ada kepalanya Medusa (pemberian dari Perseus yang memenggal kepala Medusa). kalo lo nonton Clash of the Titan lo pasti ngerti ini

Apollo (God of Sun)

Ini dewa favorit gue karena menurut mitos dia ganteng wkwk. Namanya Apollo, Dewa Matahari. tak ada yang mengalahi ketampanan Apollo hingga Adonis, seorang pemuda Yunani, lahir dan memikat banyak wanita. tapi Apollo ngga iri, itulah yang gue suka. tapi akhirnya Adonis dibunuh oleh Ares

Apollo punya sodara kembar bernama Artemis (Goddess of Hunt). mereka berdua merupakan anak dari Zeus dan Leto. tapi Hera sinis sama Leto karna disukain sama suaminya itu dan ia pun berkali-kali nyaris membunuh Leto. tapi Apollo selalu melindungi ibunya *itu yang gue suka kedua* dibantu oleh Artemis.

Dalam hubungan percintaan, si doi kurang beruntung. Apollo memang tampan, tapi banyak cewek yang nolak dia. giliran udah punya istri, si istri selingkuh, apa enggak dibunuh sama orang lain. makanya dia gay. cowoknya yang paling terkenal adalah Hiakhintos, pangeran Yunani. tapi mati-mati juga akhirnya

Dewa yang sering dikaitkan dengan Helio ini (dewa matahari) jago main musik dan meramal. Dia lah pemilik Oracle di Delphi *ahli meramal gitu*. kalo si Dionysus (God of Wine) melambangkan ketidakteraturan dan kesenangan, kalo Apollo melambangkan keteraturan dan kedisiplinan. Dia juga suka membantu manusia. simbol dari Apollo adalah busur emas, lira, dan pedang.


Artemis (Goddess of Hunt)

Nah, kalo si Apollo saudara kembarnya adalah Dewa Matahari, Artemis adalah Dewi Bulan. kalo Artemis lahir di bulan ke 6, Apollo lahir di bulan ke 7. dan dia membantu Ibunya saat Ibunya kesusahan melahirkan Apollo karena Eileithyia *dewi kelahiran* diculik oleh Hera. gue suka deh sama tokoh kembar Artemis-Apollo. mereka berdua ini mirip tokoh Sophie-Josh Newman di cerita The Secrets of The Immortal Nicholas Flamel.

Artemis dan Apollo itu saling menyayangi dan melindungi, dan sangat sayang pada ibu mereka, Leto. pernah suatu ketika Niobe (ratu Thebes kayanya) mengejek Leto, karena Leto cuma punya anak 2, sementara ia mempunyai 14 (7 cewek, 7 cowok), Artemis dan Apollo yang tersinggung akhirnya bekerja sama membunuh ke-14 anaknya. Apollo membunuh 7 anak laki-lakinya, dan Artemis membunuh 7 anak perempuannya.

Artemis adalah seorang perawan. dia meminta pada ayahnya, Zeus, untuk membuat dirinya perawan terus dan tidak pernah menikah. dia juga meminta busur panah seperti yang Apollo punya, hanya saja punya Artemis perak. dalam sebuah versi, Artemis membunuh Adonis karena menyombongkan diri kalo dia lebih hebat dari Artemis dalam hal berburu. tapi versi lain Ares yang membunuhnya karena Aphrodite  jatuh hati padanya.

Demi sodara kembarnya, ia rela melakukan apa saja. for instance, Artemis pernah membunuh Khione *itu nama cewek* karena menyombongkan diri kalo dia pernah mojok sama Apollo. Artemis juga memihak kota Troya dalam Perang Troya hanya karena adik kembarnya, Apollo, adalah Dewa pelindung kota Troya. huanjiiiir, kakak tauladan.

Aphrodite (Goddess of Love)

Aphrodite, dewi cinta. Mitos bilang katanya tubuhnya Aphrodite itu indah banget dan setiap cowok yang ngeliatnya suka. Ada versi yang bilang bahwa Aphrodite adalah anak dari Zeus dan Dione. tapi versi lain menceritakan bahwa Aphrodite anak dari Titan Uranus.

Zeus yang takut kalo kecantikan Aphrodite akan membuat perselisihan antara Dewa, akhirnya menikahkan Aphrodite dengan Hephaestus, anaknya. tapi Aphrodite selingkuh sama Ares. karena Hephaestus tidak terima atas perselingkuhan mereka, Hephaestus membuat jaring jebakan di ranjangnya Hephaestus. dan jebakan itu berhasil. Hephaestus memanggil Dewa-Dewa untuk menyaksikan Ares dan Aphrodite tanpa balutan sehelai benang pun dan menertawai mereka. Menurut cerita Poseidon malah nafsu setelah ngeliat Aphrodite. Gosh, why these Gods and Goddess are so cabul.

Aphrodite dan Persephone pernah berebutan Adonis, seorang pemuda tampan yang ketampanannya bahkan melebihi Apollo. namun Adonis memilih Aphrodite. pas Adonis ingin berburu, Aphrodite menyarankan suaminya agar tidak membunuh binatang liar. namun Adonis lupa dan ia pun berniat membunuh babi hutan yang ia lihat saat berburu. tapi akhirnya dibunuh oleh babi hutan sasarannya tersebut. Katanya sih babi hutan itu adalah Ares yang sedang menyamar karena cemburu sama Adonis.


Hephaestus (God of Fire)

Hephaestus adalah Dewa yang pincang dan kisah hidupnya kurang menarik untuk diceritakan. Hephaestus juga Dewa terjelek yang ada di Olympus, makanya nyokapnya, Hera, malu sama Hephaestus dan melemparnya dari Olympus. Hephaestus pun diasuh oleh Thetis. ketika dia dewasa, dia ingin balas dendam ke Ibunya dengan membuat perangkap di singgasana emasnya. dan yak! Hera terperangkap. semua dewa-dewi Yunani membujuk Hephaestus untuk lepasin tapi dia ngga mau. namun atas bujukan Dionysus yang bikin Hephaestus mabok (Dionysus kan dewa anggur ceritanya) dan mengembalikannya ke Olympus, akhirnya dia mau.

hephaestus menikah sama Aphrodite atas permintaan Zeus, ayahnya. namun yeah, malangnya menjadi dewa jelek, Aphrodite selingkuh sama Ares.

dia juga pernah nyaris memperkosa Athena, tapi malangnya menjadi dewa jelek lagi, Athena kabur.

Hephaestus juga sering membuatkan senjata-senjata berharga untuk dewa/dewi. ia membuatkan sepatu bersayap untuk Hermes, dia juga membuatkan korset untuk Aphrodite dalam rangka membuat tubuhnya tetap indah. dia disebut juga dewa pandai-besi dan licik, namun juga kreatif.


Btw versi ceritadari Dewa dan Dewi Olympian itu ada banyak, jadi kalo salah ya maaf maaf aja haha

4 comments:

  1. Pril, gue punya buku ttg Athena-Aphrodite-Hera dong! Bagus deh, tapi ceritanya kayaknya beda versi sama yg lo ceritain disini! Ilustrasinya keren deh!

    ReplyDelete
  2. Keren pril. Tampilin fotonya adonis kek. Kayaknya cakep banget gitu.
    Itu masih terlalu vulgar apriiil. Ah, mungkin gue kali ya, yg mikir vulgar. *inget, puasa*
    btw, gimana sih bikin posting kita bisa di komentarin? kok gue gak bisa ya?

    ReplyDelete
  3. @FashionFreak: iya memang agak beda. kan udah gue bilang kalo versinya itu banyak, tapi yang gue ambil cuma satu. ilustrasi yang mana yak? hehe

    @dhila: yaaah, gue ga sempet minta fotonya Adonis kemaren *oke jayus jayus*. di post berikutnya yak gue tampilin foto "patung"nya. gue bisa komen ke post lo kok dhil. gue test ya di blog lo

    ReplyDelete
  4. kereen. saya suka sekali mitologi dan film yang baru saya tonton adalah "WRATH OF THE TITANS". saya sangat SUKA !! :)

    ReplyDelete

Tanya kenapa?