Friday, July 16, 2010

12 Olympians (Part 1)

Zeus (Lord of The Sky)


Zeus ini merupakan anak dari Kronos dan Rhea. Kronos adalah pemimpin para Titan dan mendapat julukan Titan of Time. Nah, Kronos itu parno sama anak-anak dia sendiri, karna ada ramalan kalo kekuasaannya bakal digulingkan oleh anak doi sendiri. Makanya dia melahap semua anak-anaknya. Pas Rhea melahirkan Zeus, dia nyembunyiin dari Kronos dan ngasih sebuah batu ke Kronos, lalu bilang ke suaminya kalo batu itu anaknya. Alhasil Kronos melahap batunya deh.

Hal yang ditakuti Kronos ternyata bener terjadi. Pas Zeus dewasa, dia memotong motong tubuh bokapnya menjadi ratusan bagian, dan berhasil membuat bokapnya memuntahkan sodara-sodaranya, Poseidon, Hestia, Demeter, Hades, dan Hera. Zeus akhirnya dijadikan pemimpin para Dewa dan menikah sama Hera *gara-gara diperkosa* dan banyak memiliki keturunan dewa/dewi.

Nah, karena Zeus dan kedua sodaranya, Poseidon dan Hades, itu sangat kuat, maka mereka sepakat untuk mengadakan undian, yang hasilnya Zeus dapet langit, Poseidon dapet Laut, dan Hades dapet Underworld sekaligus membuat mereka dikenal sebagai The Big Three.

Poseidon (Lord of The Sea)


Ini dia sodaranya Zeus, Poseidon. Dia punya senjata bernama Trisula *bentuknya kaya garpu gitu* dan beristrikan Amphirit, Dewi Laut. mereka tinggal di istana dalam laut bernama Aegae. Dia juga dikenal sebagai dewa penggerak bumi dan lautan, karena dengan trisula-nya, dia bisa membuat bumi berguncang hebat.

Reputasi Poseidon kurang bagus dalam masalah percintaan, soalnya Poseidon ibarat playboy, suka gonta-ganti pacar. Berkali-kali dia menghamili perempuan, gak dewa, gak manusia, gak binatang semuanya diembat. Dia pernah mojok sama Medusa di kuil Athena, yang menyebabkan Athena marah dan mengutuk Medusa menjadi monster. Poseidon juga pernah menghamili Demeter, si dewi pertanian.

Hera (Queen of Heaven)


Hera itu pendendam. Jika ada yang membuat hatinya marah, maka ia akan mengutuk orang itu tujuh turunan. Apalagi kalo orang itu adalah cewek yang dideketin sama Zeus, PLUS cewek itu juga ngelahirin anak dari Zeus. Seperti Hercules, anak Zeus sama Alkmene, selalu dikasih penderitaan tuh sama Hera sepanjang hidupnya. Namun karena Hercules menyelamatkan Hera dari sebuah perkosaan, Hera pun berhenti mengganggu hidup Hercules dan memberikan anaknya, Hebe, kepada Hercules untuk dinikahkan.









Demeter (Goddess of Agriculture)

Inilah dia si Dewi Pertanian, yang kalo di Indonesia dikenal sebagai Dewi Sri. Kalo di Romawi, dia dikenal dengan nama Ceres.

Rambut Demeter itu terbuat dari jalinan padi. Demeter punya anak, namanya Persephone, Dewi Musim. Persephone itu cantik dan lugu, oleh karena itu banyak dewa yang naksir si doi. Apalagi Hades, si Dewa Kematian, yang akhirnya menculik Persephone dan dibawa ke Underworld. Tapi, setiap musim panas, Persephone ada di dunia atas untuk membantu nyokapnya menyuburkan tanaman. Setiap Persephone ada di Underworld, bumi menjadi gersang dan suram.

Hestia (Goddess of Fireplace)

Anak tertuanya Rhea, doi digambarkan sebagai cewek bertudung, gak cantik, tapi pernah nyaris diperkosa juga. yeah, kalo gue baca di Wikipedia, Hestia masuk dalam 12 Olympians. tapi kalo gue baca di Percy Jackson, Hestia memberikan singgasananya ke Dionnysus (God of Wine) agar tidak terjadi perang antar dewa gitu. bijak.


Ares (God of War)

Ini dia salah satu dari tiga dewa yang paling gue suka, Ares, Dewa Perang. Lain dengan Athena yang merupakan Dewi Perang, Ares itu gak perlu strategi dan brutal. Ares adalah anak dari Zeus dan Hera, tapi si bokap gapernah suka sama Ares karena dia dewa paling licik di Olympus. walaupun Zeus sebenarnya sayang sama Ares dan berkali-kali melindungi Ares ketika si doi sedang terlibat perang.

terus kenapa gue suka sama dewa ini? selain karena gue memang suka semua tokoh yang jahat, kisah hidup Ares itu menarik untuk dipelajari. kalo lo mau belajar juga, buka wikipedia aja wkwk.

Ares itu berselingkuh dengan istrinya Hephaestus (God of Fire), yaitu Aphrodite (Goddess of Love) yang memberikannya banyak anak, salah satunya Phobos (rasa takut) dan Dheimos (teror) yang juga menjadi pengawalnya. 



Hermes (God of Thief)


Ini dia Hermes, dewa yang juga gue suka selain Ares. abis kalo di mitologi dia digambarin baik gitu, meskipun dijuluki sebagai Dewa Pencuri. dia sering membantu para demigod (setengah dewa setengah manusia), for instance Perseus dan Ophius. terus dia juga sering membantu para dewa/dewi kaya Persephone, Hephaestus, dan Dionysus.

Hermes adalah dewa termuda kedua setelah Dionysus, dan dia menyukai olahraga. dia juga dijuluki sebagai dewa pembawa pesan. oh iya, si doi punya tongkat, namanya caduceus (lambang kesehatan). bukan palang merah ya, bentuknya itu tongkat bersayap ditambah dua ular gitu.

*For the next five Gods and Goddess of Olympus please click here





No comments:

Post a Comment

Tanya kenapa?